Fenomena Ustadz Abdul Somad, Lc, MA

Irfan Irawan
0
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Alhamdulillah, berkesempatan kembali menulis. Insya Allah kali ini akan membahas Dai' ilallah ustadz Abdul Somad, Lc,. MA. Sungguh beruntung saat ini muncul ustadz dengan gaya dan pendalaman ilmu agama yang mumpuni, lucu dan mudah mencairkan suasana hati jamaah. Beliau adalah tipe pendakwah sejuta viewer, alias yang masyhur dari video YouTube.

Sejak dari bangku sekolah dasar dirinya dididik melalui sekolah yang berbasis pada Tahfiz Alquran. Tamat dari SD Al-Washliyah Medan tahun 1990, ia melanjutkan pendidikannya ke MTS Mu’allimin al-Washliyah Medan. Setelah tamat tahun 1993, ia melanjutkan pendidikan ke Pesantren Darularafah Deliserdang Sumatera Utara selama satu tahun. Lalu tahun 1994, ia pindah ke Riau untuk melanjutkan pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, Indragiri Hulu dan menyelesaikannya di tahun 1996. Tahun 1996–1998 ia kuliah di UIN SUSKA Riau.

Tahun 1998, ia merupakan salah satu dari 100 orang yang menerima beasiswa yang dibuka oleh Pemerintah Mesir untuk orang indonesia belajar di Universitas Al-Azhar mengalahkan 900-an orang lainnya yang mengikuti tes untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Abdul Somad mendapatkan gelar Lc-nya dalam waktu tiga tahun 10 bulan.

Kemudian pada tahun 2004, kerajaan Maroko menyediakan 15 beasiswa bagi pendidikan S2 di Institut Dar Al-Hadis Al-Hassania yang setiap tahunnya hanya menerima 20 orang murid dengan rincian 15 orang Maroko dan lima orang untuk asing. Abdul Somad pun terpilih untuk masuk dalam kuota penerimaan 5 orang asing tersebut melalui jalur beasiswa S2 yang diselesaikannya dalam waktu satu tahun 11 bulan.Dari sanad keilmuan beliau bersambung dengan dominan mazhab Imam Syafi'i meskipun S2 beliau ambil dari Dar Al-Hadith, Kerajaan Maroko yang terkenal dengan mazhab Maliki. Dengan khazanah keilmuan yang luas dan kemauan belajar dan mengajar yang tinggi alumni S1 al Azhar Mesir ini juga sangat mahir dalam menjawab pertanyaan hal ikhwal fiqih. Profesi sehari-hari beliau adalah Dosen Kelas Internasional UIN Suska, Riau., dan disela-sela waktu luang tidak mengajar beliau manfaatkan untuk berdakwah ke seluruh pelosok negeri.

Eksistensi dan nama beliau semakin melambung dengan banyaknya versi share video singkat anak muda di berbagai Channel Youtube. Meskipun versi penuh dan original ceramah beliau hanya ada pada Channel Tafaqquh Video


Ketegasan beliau pun tidak bisa dikompromi, lantang menyuarakan protes terhadap penista agama, lantang menolak masalah LGBT di legalkan di Indonesia, isu-isu radikalisme ideologi agama ataupun komunis, mempersatukan dan mengajak umat Islam saling menghormati, sampai guyonan-guyonan yang nyentil beberapa kalangan pejabat dan artis.

Saya pribadi mendukung pola pikir dan gaya dakwah beliau yang "Kekinian/Zaman Now" entah apalah istilahnya. Memang generasi muda sekarang sudah mulai melek dan menyukai kajian Islam. Sebagai contoh banyak kawan saya yang mengidolakan Ustadz Khalid Basalamah, Ustadz Adi Hidayat, Ustadz Firanda, Ustadz Zulkifli Muhammad Ali, Ustadz Yusuf Mansyur, Aa Gym, Ustadz Arifin Ilham, Buya Yahya, Habib Jindan bin Novel Salim Jindan, Habib Ahmad, Habib Ja'far Assegaf, Habib Syech, dan masih banyak lagi. Semua kalangan mempunyai basis jamaah yang besar, dan mampu menarik kaum muda maupun kaum tua. Dan lihatlah begitu bijaknya Ustadz Abdul Somad menyikapi perbedaan cara pandang fiqih dan amaliah dari beberapa tokoh yang saya sebutkan di atas, tidak pernah ustadz Abdul Somad menyerang pribadi ustadz lain, beliau selalu menekankan pentingnya al ukhuwah islamiyyah dan ukhuwah wathaniyah. Beliau sedikit lantang menyinggung pemahaman Wahabi Salafi yang terlalu ekstrim mudah menuduh kafir kaum muslimin lainnya dengan santun dan dengan dalil sehingga beliau tulis beberapa buku yang populer diantaranya :

  1. 37 Masalah Populer 
  2. 99 Tanya Jawab Seputar‎ Sholat
  3. 33 Tanya Jawab Seputar Qurban
  4. 30 Fatwa Seputar Ramadhan
(Tulisan asli beliau bisa di download versi .Pdf *klik pada link yang tersemat dalam tulisan untuk mendownload, atau download versi aplikasi Android GRATIS). Adapun yang mau membantu dakwah beliau, silahkan beli Bukunya.  


Selain itu beliau tetap eksis juga dalam menulis blog (meskipun sudah jarang beliau update, kemungkinan karena kesibukan dakwah dan mengajar beliau). Silahkan kunjungi web beliau http://somadmorocco.blogspot.co.id/.

Riwayat pengabdian  

Pasca lulus dari Maroko, Ustadz Abdul Somad hingga saat ini aktif mengabdikan diri ke berbagai lembaga sebagai berikut:
  • Dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Dosen Tafsir dan Hadis di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau
  • Dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru
  • Anggota MUI Provinsi Riau, Komisi Pengkajian dan Keorganisasian Periode 2009–2014
  • Anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau, Komisi Pengembangan, Periode 2009–2014
  • Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau, Periode 2009–2014
Karya ilmiah
  • Tesis yang berjudul رجال الموطأ والصحيحين الذين ضعفهم النسائي في كتاب الضعفاء والمتروكين: جمعا ودراسة
Terjemah (Arab–Indonesia)
  • Perbuatan Maksiat Penyebab Kerusakan Rumah Tangga (Judul Asli: Al-Ma’ashi Tu’addi ila Al-Faqri wa Kharab Al-Buyut), Penulis: Majdi Fathi As-Sayyid. Diterbitkan oleh Pustaka Al-Kautsar, Jakarta, Maret 2008.
  • 55 Nasihat Perkawinan Untuk Perempuan, (Judul Asli : 55 Nashihat li al-banat qabla az-zawaj), Penulis: DR. Akram Thal’at, Dar at-Ta’if, Cairo. Diterbitkan oleh Penerbit Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, April-2004.
  • 101 Kisah Orang-Orang Yang Dikabulkan Doanya (Judul Asli: 101 Qishash wa Qishah li Alladzina Istajaba Allah Lahum Ad-Du’a’, Majdi Fathi As-Sayyid. Diterbitkan oleh Pustaka Azzam – Jakarta, Desember 2004.
  • 30 Orang Dijamin Masuk Surga (Judul Asli: 30 al-mubasysyarun bi al-jannah), DR.Mustafa Murad, Dar al-Fajr li at-Turats,Cairo. Diterbitkan oleh Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, Juli-2004.
  • 15 Sebab Dicabutnya Berkah (Judul Asli: 15 sabab min asbab naz’ al-barakah), Penulis: Abu Al-Hamd Abdul Fadhil, Dar ar-Raudhah-Cairo. Diterbitkan oleh Cendikia Sentra Muslim-Jakarta, Agustus-2004
  • Indahnya Seks Setelah Menikah (Judul Asli : Syahr al-‘asal bi la khajal), DR. Aiman Al-Husaini, diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Progresif, Jakarta, September 2004.
  • Beberapa Kekeliruan Memahami Pernikahan (Judul Asli: Akhta’ fi mafhum az-zawaj, Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd, diterbitkan oleh Penerbit Pustaka Progresif- Jakarta, September 2004.
  • Sejarah Agama Yahudi (Judul Asli: Tarikh ad-Diyanah al-Yahudiyyah), diterbitkan oleh Pustaka al-Kautsar, Jakarta, Desember 2009.

Mari kita doakan semoga beliau panjang umur dalam ketaatan, sehat wal afiat, dijauhkan dari segala macam fitnah, teror dan kedzoliman. Semoga beliau tetap istiqomah di jalan Allah, membimbing umat agar selalu bersatu, saling santun, saling sapa dan menghargai perbedaan. Itulah sejatinya cara dakwah junjungan kita Sayyidina Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. 

والله أعلمُ بالـصـواب


Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)