Senin, 20 Juni 2016

author photo

Alhamdulillah di bulan Ramadhan ini kami berkesempatan untuk upload kitab bulughul maram agar mudah dipelajari atau mungkin juga disimpan dalam smartphone sebagai referensi bacaan kitab fiqih klasik, dari mazhab Imam As-Syafi'i. Saya dapat pdf ini dari imammuttaqin.com, untuk keperluan pribadi saya izin untuk memposting ulang kitab ini agar tetap "available" dalam bentuk file pdf.


Siapakah pengarang kitab ini
Bulughul Maram atau Bulugh al-Maram min Adillat al-Ahkam, disusun oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani (773 H - 852 H). Kitab ini merupakan kitab hadits tematik yang memuat hadits-hadits yang dijadikan sumber pengambilan hukum fikih (istinbath) oleh para ahli fikih. Kitab ini menjadi rujukan utama khususnya bagi fikih dari Mazhab Syafi'i. Kitab ini termasuk kitab fikih yang menerima pengakuan global dan juga banyak diterjemahkan di seluruh dunia.

Deskripsi
Kitab Bulughul Maram memuat hampir 1600 buah hadits. Di setiap akhir hadits yang dimuat dalam Bulughul Maram, Ibnu Hajar menyebutkan siapa perawi hadits asalnya. Bulughul Maram memasukkan hadits-hadits yang berasal dari sumber-sumber utama seperti Sahih al-Bukhari, Sahih Muslim, Sunan Abu Dawud, Sunan at-Tirmidzi, Sunan an-Nasa'i, Sunan Ibnu Majah, dan Musnad Ahmad dan selainnya.

Kitab Bulughul Maram memiliki keutamaan yang istimewa karena seluruh hadits yang termuat di dalamnya kemudian menjadi pondasi landasan fikih dalam mazhab Syafi'i. Selain menyebutkan asal muasal hadits-hadits yang termuat di dalamnya, penyusun juga memasukkan perbandingan antara beberapa riwayat hadits lainnya yang datang dari jalur yang lain. Karena keistimewaannya ini, Bulughul Maram hingga kini tetap menjadi kitab rujukan hadits yang dipakai secara luas tanpa mempedulikan mazhab fikihnya.
Metode penyusunan

Metode yang digunakan oleh Ibnu Hajar dalam menyusun kitab ini ialah dengan metode tematis (maudhu’i) berdasarkan tema-tema fikih, mulai dari Bab Bersuci (Thaharah) sampai Bab Kompilasi (al-Jami’). Ia menyeleksi beberapa hadits dari kitab-kitab shahih, sunan, mu’jam, dan al-Jami yang berkaitan dengan hukum-hukum fiqih.[1]

Sistematika kitab Bulughul Maram sebagai berikut :
1.      Terdiri dari 16 bab mulai dari Bab Bersuci (Kitab at-Thaharah) sampai Bab Kompilasi (Kitab al-Jami’), setiap bab terdiri dari beberapa sub-bab.
2.      Memuat sebanyak 1596 buah hadits sahih, hasan, bahkan dha’if yang bertemakan fikih.
3.      Memotong (ta’liq) rangkaian sanad, kecuali pada tingkat sahabat dan mukharrij.
4.      Terkadang menyertakan jalur-jalur periwayatan hadits secara ringkas dan menyebutkan tambahan-tambahan redaksi dari riwayat lainnya dan menjelaskan statusnya.
5.      Menjelaskan status hadits-hadits yang lemah (padanya ada kelemahan, sanadnya lemah... dsb.) atau dengan keterangan ulama, seperti "dilemahkan oleh Abu Hatim, dll.".
6.      Dalam hal penguat hadits, Ibnu Hajar menyertakan keterangan ringkas yang hanya mencantumkan sanad saja tanpa mengulang isi matan.
7.      Ibnu Hajar menggunakan istilah tertentu dalam penyebutan yang mengeluarkan hadits (mukharrij), yakni:
-        Rowahu as-Sab'ah untuk hadits yang diriwayatkan oleh tujuh Imam dalam ilmu Hadits, yaitu Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmidzy, Nasa’i dan Ibnu Majah
-       Rowahu as-Sittah untuk hadits yang diriwayatkan oleh tujuh Imam selain Ahmad
-       Rowahu al-Khamsah untuk hadits yang diriwayatkan oleh tujuh Imam selain Bukhari-Muslim
-       Rowahu al-Arba'ah untuk hadits yang diriwayatkan oleh tujuh Imam selain Ahmad, Bukhari dan Muslim
-       Rowahu ats-Tsalitsah untuk hadits yang diriwayatkan oleh tujuh Imam selain Ahmad, Bukhari, Muslim dan Ibnu Majah
-       Muttafaqun 'alaih untuk hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari-Muslim



Berikut link Download dan View nya. Untuk download arahkan ke pojok kanan atas agar ke tampilan full google drive, lalu ctrl+s untuk menyimpan.



your advertise here

This post have 9 komentar

avatar
ettu kuttu delete 26 Juli 2016 02.24

trimakasih kang, moga berkah

Reply
avatar
Jay Rikudo delete 3 Januari 2017 08.14

jazakallahu khairan admin

Reply
avatar
reza heldyan delete 6 Maret 2017 01.03

jazakallahu khairan
Jilid 2 dan seterusnya min ?

Reply
avatar
Irfan Irawan delete 18 Maret 2017 07.37

belum ada kang, nanti setelah ada langsung di update :)

Reply
avatar
Ayu Meylana delete 18 Agustus 2017 21.37

jazakumulloh khoir pak....

Reply
avatar
wiwin andriyani delete 14 November 2017 08.41

Jazaakallah khayran katsir Pak

Reply
avatar
roest ballard delete 15 Desember 2017 13.47

syukron ... jilid selanjutnya kang?

Reply


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post